Pengertian Collision Domain Pada Mikrotik

shares



Collision Domain adalah sebuah frame di jaringan yang dapat bertabrakan dengan satu sama lain, karena 1 jalur dipake untuk mengirim dan menerima frame dalam waktu bersamaan.

Collision Domain sering terjadi ketika menggunakan jaringan Ethernet khususnya HUB, karena HUB tidak lebih dari sekedar physical repeater yang ketika menerima elektromagnetik sinyal di salah satu interfacenya maka akan meneruskan sinyal tersebut ke seluruh port kecuali port asal sinyal tersebut, bisa disimpulkan bahwa HUB ini hanyalah sekedar penghubung.

Bagaimana terjadinya Collision Domain?

Liat topologi diatas ya, ketika PC A dan PC C sama-sama mengirim data kepada PC B, maka akan terjadi Collision karena jaringan tersebut menggunakan HUB. Hal ini terjadi karena pada saat ada salah satu host yang mengirim data maka host yang lainnya harus mendegarnya dan tidak boleh mengirim juga.

Lalu bagaimana cara mengatasi terjadinya Collision Domain di jaringan Ethernet?

karena hal itu lah dibuat CSMA/CD, Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media access control (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan Ethernet. Dengan metode ini, sebuah node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.

Cukup deh teorinya malah pusing wkwk, sekarang kita akan mecoba menghitung berapa banyak collision yang terdapat pada suatu jaringan. Sebelumnya kita harus mengetahui rumusnya… ha? rumus? PUSING dah. Tenang mudah aja kok
Perangkat Rumus Collision Domain
Hub Seluruh port 1 CD
Switch Tiap port aktif 1 CD
Router Tiap port aktif 1 CD


Ini topologi yang akan kita gunakan:
Hayoo ada berapa collision domain nya? 7, 8, 9, atau 10 nih?



Yaudah daripada ribut kita hitung aja deh, jadi gini
R1 >> Hub = 1 CD
Hub >> R3 = 1 CD
R3 >> R5 = 1 CD
R5 >> PC = 1 CD
R5 >> R6 = 1 CD
R5 >> R4 = 1 CD
R4 >> Switch = 1 CD
Switch >> Hub = 1 CD
Switch >> R2 = 1 CD

jadi jumlahnya ada 9 CD, ettsss SALAH. jawaban yang benar adalah 7 CD, kok bisa?? jadi setiap perangkat yang terhubung ke Hub akan menjadi 1 CD berdasarkan rumusnya.

sumber : bolosbelajar

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar