Fungsi perintah tar xvfz

shares

Linux adalah sistem operasi yang sangat erat dengan penggunaan terminal, karena kebanyakan orang menggunakan linux memang untuk keperluan sistem administrasi, sistem operasi linux ini banyak digunakan sebagai server, website anda pun kemungkinan di hosting pada sebuah server yang menggunakan linux.
 
Oleh karena itu jika anda adalah seorang pengguna Linux pemula, maka anda harus memahami dasar-dasar perintah yang ada di linux, mungkin akan sedikit sulit di awal, namun setelah terbiasa maka bisa jadi anda akan selalu bermain dengan command di linux dan tidak menginginkan lagi tampilan visual (GUI) dari Linux lagi.


Beberapa teman yang sering bermain dengan terminal linux ternyata memang akhirnya lebih senang bermain-main atau menghabiskan waktu untuk mengelola website melalui terminal dibandingkan dengan tampilan visual linux, mereka beranggapan atau mengaanggap bahwa bekerja dengan terminal linux lebih mempercepat pekerjaan mereka dibanding dengan visual.


Salah satu command berikut fungsinya :
tar -xvfz filename.tar.gz
Meng-untar sebuah file tar sekaligus meng-uncompress file tersebut (*.tar.gz or *.tgz), untuk meletakkannya direktori yg diinginkan tambahkan option -C direktori, contoh tar -zxvf
filename.tar.gz -C /opt (meletakkan file tersebut di direktori /opt




Sumber : https://itu-nyata.blogspot.com/2016/09/fungsi-perintah-tar-xvfz.html

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar